usaha kopi luwak


kopi luwak merupakan suatu peluang usaha baru yang menjanjikan, di sumatera selatan kopi luwak alam sangat banyak, dan tenaga kerja juga tidak terlalu mahal, jika di dirikan sebuah perusahaan kopi luwak di pagaralam sumatra selatan akan tentu lahan-lahan tidur akan bermenffaat, seperti di kecamatan pajarbulan masih sangat banyak kebun kopi yang kurang di rawat, sehingga harga lahan kopi masih tergolong murah, yaitu berkisar antara 50jt per ha, kebun kopi kurang di rawat bukan karna tanah kurang bagus, akan tetapi jumlah penduduk masih sedikit, sedangkan lahan kopi masih sangat banyak, sehingga petani hanya memilih kebun-kebun yang sudah siap panen saja, jadi untuk membuat usaha kopi luwak di pagaralam biaya oprasional nya tidaklah terlalu tinggi, karna selain upah tenaga kerja tergolong murah, yaitu upah harian berkisar antara Rp.25.000,- hingga Rp.30.000,- untuk bekerja dari jam 08:00 sampai16:00 dan istirahat kira-kira 1jam, pekerja biasanya bawa bekal sendiri, jadi tidak ada uang makan,
Namun bila musim panen kopi tenaga kerja akan sulit di dapat, karna masing-masing penduduk sudah mulai di sibukan memetik kopi, tapi bukan berarti tidak akan ada pekerja, hanya saja pada musim panen kopi perlu menaikan sedikit upah, kesulitan tenaga kerja ini kira-kira selama 4 bulan, setelah itu kembali seperti biasa. Saya punya 5ha kebun kopi, jika ada yang berminat membuat perusahaan kopi di pagaralam sumatra selatan saya mau untuk bekerjasama, selain kebun saya sendiri masih ada kebun kopi saudara saya sebanyak 10 ha, jika ada minat hubungi saya.